Pengertian Hasad (Dengki), [ Sejarah ]

Pengertian Hasad (Dengki), [ Sejarah ] - Hallo sobat blogger Sejarah, Posting yang saya unggah pada kali ini berisi tentang Sejarah, dengan judul Pengertian Hasad (Dengki), [ Sejarah ] , Artikel ini bertujuan untuk memudahkan kalian mencari apa yang kalian inginkan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk kalian baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Pendidikan Agama Islam SMP, yang kami tulis ini dapat kalian pahami dengan baik, semoga artikel ini berguna untuk kalian, jika ada kesalahan penulisan yang dilakukan oleh penulis mohon dimaafkan karena penulis masih newbie. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengertian Hasad (Dengki), [ Sejarah ]
link : Pengertian Hasad (Dengki), [ Sejarah ]

Baca juga


Pengertian Hasad (Dengki), [ Sejarah ]

Pengertian Hasad

Hasad atau dengki secara bahasa berarti menaruh perasaan benci dan iri hati atas kenikmatan yang diperoleh orang lain. Secara istilah adalah usaha seseorang untuk mempengaruhi orang lain agar turut membenci atau tidak senang atas nikmat yang telah diperoleh oleh seseorang, dan ia berharap agar kenikatan itu dapat berpindah kepada dirinya. Sifat hasad biasanya terlebih dahulu diawali oleh sifat iri hati karena ia beranggapan hanya dirinyalah yang lebih pantas untuk memperoleh kenikmatan. Rasulullah mengajarkan agar kita menjauhi sifat hasad ini karena sangat berbahaya dan dampaknya dapat menghilangkan pahala amal ibadah kita, sebagaimana sabdanya:

Artinya:
"Jauhkanlah dirimu dari sifat hasad karena sesungguhnya hasad dapat memakan amal kebaikan sebagaimana api yang membakar kayu." (HR. Abu Daud)

Contoh Perilaku Hasad

Perhatikan cerita berikut ini!
a. Amir berangkat ke sekolah dengan sepeda barunya. Melihat Amir memiliki sepeda baru Tomy merasa tidak senang. Ketika Amir meninggalkan sepedanya di tempat parkir, diam-diam ia menghampiri sepeda milik Amir kemudian menggembosi kedua ban sepeda itu.
b. Iqbal anak pandai yang selalu memegang rangking pertama di kelasnya. Sandi, teman sekelasnya merasa sangat gerah dan terpukul setiap kali melihat Iqbal menjadi juara di kelasnya dan ia selalu saja kalah dalam hal prestasi ini. Maka ia berencana untuk menjegal Iqbal agar tidak dapat mengikuti ulangan akhir semester gasal. Pertama-tama ia akan berpura-pura baik berteman dengan Iqbal kemudian diajaknya Iqbal untuk belajar bersama sehingga ia bisa meminjam buku dan catatannya dengan maksud tidak akan mengembalikannya sehingga Iqbal akan mengalami kesulitan belajar. Bila ternyata prestasi Iqbal masih juga baik ia akan menyiarkan kepada teman-teman di kelasnya bahwa Iqbal adalah anak yang suka berbuat curang, suka nyontek dan tidak pantas untuk menjadi juara di kelasnya, tetapi sebenarnya yang lebih pantas hanyalah dirinya.

Menghindari Perilaku Hasad

Untuk menghindari perilaku hasad kita harus memahami beberapa hal sebagai berikut:
a. Menyadari bahwa perilaku hasad sangat berbahaya bagi keimanan dan amal baik kita, karena dia dapat menghilangkan/ menghapus nilai pahala kita.
b. Berusahalah untuk selalu bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Allah kepada kita .
c. Menyadari bahwa perilaku hasad dapat merusak komunikasi sosial dalam keluarga maupun masyarakat.
d. Berusaha untuk dapat menerima kelebihan orang lain dengan berlapang dada dan enyadari kelemahan diri sendiri dengan introspeksi (mawas diri)

Bahaya Perilaku Hasad

Bahaya yang diakibatkan dari sikap hasad itu dapat merugikan diri sendiri, dan orang lain.
Di antara bahaya yang diakibatkan dari sikap hasad adalah:
a. Hati selalu resah dan gelisah;
b. Merusak tali silaturahmi;
c. Menimbulkan kebencian, pertengkaran, dan permusuhan;
d. Berdosa di sisi Allah SWT, karen asifat hasad ini dilarang dalam islam.



Demikianlah Artikel Pengertian Hasad (Dengki), [ Sejarah ]

Sekianlah artikel Pengertian Hasad (Dengki), [ Sejarah ] kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian Hasad (Dengki), [ Sejarah ] dengan alamat link https://pengamatsejarah.blogspot.com/2016/01/pengertian-hasad-dengki-sejarah.html

1 Response to "Pengertian Hasad (Dengki), [ Sejarah ] "

  1. Anda Bosan Menjadi Pemain Dan Ingin Menjadi Bandar??? Temukan Solusinya Hanya Di PesonaQQ.com

    Penawaran Special Dari PesonaQQ Untuk Anda Yang Bergabung Hari Ini Juga :

    =>> Bonus Turnover 0.3% - 0.5% (Perminggu)
    =>> Bonus Referensi 20% (Seumur Hidup)

    Keuntungan Anda Yang Bergabung Bersama Kami Di PesonaQQ :

    *Data Anda Aman Bersama Kami
    *Pelayanan Customer Service Yang Ramah 24/7
    *Tersedia 7 Permainan Dalam 1 Web Yang Sesuai Dengan Skill Anda (Poker, Domino QQ, Capsa Susun, Adu Q, Bandar Q & Bandar Poker)
    *Bonus TURNOVER Yang Melimpah & Bonus REFERENSI Yang Berlaku Seumur Hidup
    *Hanya Dengan 1 Akun Anda Sudah Bisa Bermain Semua Game Di PesonaQQ.com

    Kalau Bukan Sekarang Kapan Lagi???

    Ayok Tunjukkan Skill Anda Sekarang Juga, Hanya Di PesonaQQ.

    BalasHapus