Sejarah awal mula Bahasa Indonesia, [ Sejarah ]

Sejarah awal mula Bahasa Indonesia, [ Sejarah ] - Hallo sobat blogger Sejarah, Posting yang saya unggah pada kali ini berisi tentang Sejarah, dengan judul Sejarah awal mula Bahasa Indonesia, [ Sejarah ] , Artikel ini bertujuan untuk memudahkan kalian mencari apa yang kalian inginkan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk kalian baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel sejarah indonesia, yang kami tulis ini dapat kalian pahami dengan baik, semoga artikel ini berguna untuk kalian, jika ada kesalahan penulisan yang dilakukan oleh penulis mohon dimaafkan karena penulis masih newbie. baiklah, selamat membaca.

Judul : Sejarah awal mula Bahasa Indonesia, [ Sejarah ]
link : Sejarah awal mula Bahasa Indonesia, [ Sejarah ]

Baca juga


Sejarah awal mula Bahasa Indonesia, [ Sejarah ]



Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Indonesia. bahasa ini adalah standar bahasa Melayu, yaitu bahasa Austronesia yang telah digunakan sebagai lingua franca di kepulauan Indonesia selama berabad-abad. Sebagian besar orang Indonesia, selain dari berbicara bahasa nasional, sering fasih dalam bahasa daerah lain (contoh termasuk Jawa, Sunda dan Madura), yang umum digunakan di rumah dan dalam masyarakat setempat. Kebanyakan di gunakan di pendidikan formal, dan hampir semua media nasional, yang ada di Indonesia.

Bahasa Indonesia sebenarnya adalah bahasa standar dari bahasa Melayu Riau meskipun tidak menggunakan dialek asli Melayu Riau, karena melayu riau sendiri menggunakan bahasa Melayu Klasik dari kesultanan Malaka. Awalnya bahasa ini diucapkan di Sumatera Timur Laut , dan selain itu bahasa Melayu juga telah digunakan sebagai lingua franca di kepulauan Indonesia selama setengah milenium. dikaitkan dengan leluhurnya, bahasa Melayu Kuno (yang dapat ditelusuri kembali ke abad ke-7) terdapat pada Prasasti Kedukan Bukit yang merupakan spesimen tertua dari Melayu purba, bahasa ini digunakan oleh kerajaan Sriwijaya.

Sejak abad ke-7, bahasa Melayu Kuno telah digunakan di Nusantara (kepulauan Indonesia), ditandai dengan prasasti Sriwijaya dan di prasasti lain dari berbagai wilayah pesisir Nusantara, seperti yang ditemukan di Jawa. Kontak dagang yang dijalankan oleh beberapa etnis pada saat itu adalah kendaraan utama untuk menyebarkan bahasa Melayu Kuno, karena itu adalah alat komunikasi antara pedagang. Pada saat itu, bahasa Melayu Kuno telah menjadi lingua franca dan diucapkan secara luas oleh kebanyakan orang di Nusantara.

Adopsi bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional negara berbeda dengan kebanyakan negara-negara pasca-kolonial lainnya, yang mana bahasa melayu bukanlah bahasa dengan penutur terbanyak (dalam hal ini, Jawa) atau bahasa mantan kekuatan kolonial Eropa (dalam hal ini, Belanda) tetapi satu bahasa dengan hanya sejumlah kecil penutur asli.

Pada tahun 1945 ketika Indonesia menyatakan kemerdekaannya dan Bahasa Indonesia secara resmi dinyatakan sebagai bahasa nasional, bahasa indonesia adalah bahasa dari hanya sekitar 5 persen dari populasi, sedangkan Jawa dan Sunda adalah bahasa ibu dari 42-48 persen populasi indonesia saat itu, tapi Ini menimbulkan kekhawatiran nasionalistik, politik, yang mana kita tahu indonesia adalah negara dengan suku terbanyak yang mudah terpecah. 

Pada tahun 1945, Jawa adalah bahasa yang paling mudah di temukan di Indonesia. Itu bahasa asli dari hampir setengah populasi, bahasa utama politik dan ekonomi, dan bahasa santun, agama, dan tradisi sastra, namun memiliki satu kekurangan yaitu tak mampu mempersatukan sebuah wilayah yang terbentang luas Dengan ribuan pulau dan ratusan bahasa yang berbeda, negara yang baru merdeka seperti Indonesia harus menemukan bahasa nasional yang secara realistis bisa diucapkan oleh mayoritas penduduk dan tidak akan membagi bangsa dengan mendukung salah satu kelompok etnis, yaitu Jawa, atas yang lain. 

Dan pada kenyataannya, sudah ada bahasa pemersatu yang telah ada dan telah berusia kira-kira seribu tahun. Yaitu bahasa melayu, Selama periode waktu yang panjang, bahasa Melayu, yang kemudian menjadi bahasa Indonesia, adalah bahasa utama perdagangan dan perjalanan. Selain itu, itu adalah bahasa yang digunakan untuk penyebaran Islam di abad 13 hingga abad 17, serta bahasa pengantar yang digunakan oleh misionaris Portugis dan Belanda yang berusaha untuk mengubah masyarakat nusantara menerima agama Kristen. Kombinasi semua faktor-faktor ini berarti bahwa bahasa melayu sudah diketahui oleh sebagian besar penduduk, dan itu bisa lebih mudah diadopsi sebagai bahasa nasional daripada yang lain.

Bahasa Indonesia diangkat ke status bahasa resmi dengan deklarasi kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945, menggambar inspirasi dari Sumpah Pemuda (Sumpah Pemuda) acara di tahun 1928. Selama 53 tahun pertama kemerdekaan Indonesia, dua presiden pertama , Soekarno dan Soeharto terus membina rasa persatuan nasional melalui bahasa Indonesia, dan bahasa indonesia tetap merupakan komponen penting dari identitas Indonesia saat ini. Bahasa indonesia pun menjadi salah satu kisah sukses dimana bahasa asli secara efektif mengusur bahasa penjajahnya yang telah berkuasa selama tiga abad, Ini adalah cerita yang unik dan agak tidak biasa, terutama mengingat dominasi sejarah Jawa. Hingga Hari ini, bahasa Indonesia terus berfungsi sebagai bahasa identitas nasional seperti yang diucapkan pada Kongres Pemuda Indonesia, dan juga berfungsi sebagai bahasa pendidikan, modernisasi, dan mobilitas sosial. Meskipun masih menjadi bahasa kedua bagi sebagian besar warga Indonesia warga.

Indonesia (dalam bentuk standar) pada dasarnya adalah bahasa yang sama dengan standar Malaysia dan Brunei yang resmi mengunakan bahasa Melayu. Namun, berbeda dari Malaysia dalam beberapa aspek, seperti perbedaan dalam pengucapan dan kosakata. Perbedaan ini terutama karena pengaruh Belanda dan Jawa di Indonesia. Indonesia juga dipengaruhi oleh bahasa "Melayu Pasar" yang mrupakan lingua franca kepulauan di zaman kolonial 

Melayu Malaysia mengatakan bahasa mereka lebih dekat dengan Melayu klasik abad sebelumnya meskipun Malaysia yang modern telah sangat dipengaruhi bahasa Inggris. Pertanyaan apakah bahsa Melayu tinggi atau Melayu pasar adalah induk sebenarnya dari bahasa Indonesia masih dalam perdebatan. Melayu tinggi adalah bahasa resmi yang digunakan di pengadilan Kesultanan Johor dan dilanjutkan oleh Riau-Lingga, sementara Melayu pasar adalah bahasa yang biasa digunakan dalam pasar dan pelabuhan di Nusantara. Beberapa ahli bahasa berpendapat bahwa Melayu pasar lebih-umum dalam membentuk dasar bahasa Indonesia.

Ketika Belanda East India Company (VOC) pertama kali tiba di Nusantara, bahasa Melayu adalah perdagangan yang signifikan dan bahasa politik karena pengaruh Kesultanan Malaka dan kemudian Portugis. Namun, bahasa melayu tidak pernah dominan di kalangan penduduk kepulauan Indonesia dan hanya terbatas untuk kegiatan dagang. Tapi VOC mengadopsi bahasa Melayu sebagai bahasa administrasi pos perdagangan mereka di timur. Bahkan kemudian, administrator Belanda sangat enggan untuk mempromosikan penggunaan bahasa Belanda dibandingkan dengan rezim kolonial lainnya. Bahasa Belanda hanya menjadi bahasa dari elit kecil pada tahun 1940, hanya 2% dari total penduduk bisa berbahasa Belanda. Dalam proses kolonisasi, bahasa melayu yang akan menjadi bahasa Indonesia menyerap sejumlah besar kosakata Belanda dalam bentuk kata-kata pinjaman.

Tersingkirnya bahasa Belanda adalah kasus yang sangat tidak biasa dibandingkan dengan negara-negara terjajah lainnya, di mana bahasa kolonial umumnya terus berfungsi sebagai bahasa politik, birokrasi, pendidikan, teknologi, dan bidang-bidang penting lainnya untuk waktu yang signifikan setelah kemerdekaan. Soenjono Dardjowidjojo bahkan mengatakan bahwa, "Bnahasa Indonesia adalah mungkin satu-satunya bahasa yang telah mencapai status bahasa nasional dalam arti sebenarnya" karena benar-benar mendominasi di semua bidang masyarakat Indonesia , Kemudahan Bahasa indonesia mengeliminasi bahasa mantan penindas mungkin karena kebijakan Belanda di Indonesia. Berbeda dengan Perancis, Spanyol dan Portugis, yang mengejar kebijakan kolonial asimilasi, Belanda tidak berusaha untuk menyebarkan bahasa mereka di antara penduduk pribumi. Bahkan, mereka sadar mencegah bahasa belanda menyebar kenusantara sama dengan menghentikan pendidikan bagi bangsa pribumi, karena Belanda ingin mencegah Indonesia dari meninggikan status sosial mereka dengan mengambil unsur budaya Belanda. Dengan demikian, sampai tahun 1930-an, mereka mempertahankan rezim minimalis dan memungkinkan bahasa Melayu menyebar dengan cepat di seluruh nusantara. Pada saat mereka mencoba untuk melawan penyebaran bahasa Melayu dengan mengajar bahasa Belanda untuk pribumi, sudah terlambat,apalagi kemudian pada tahun 1942, Jepang menaklukkan Indonesia dan melarang penggunaan bahasa Belanda. Tiga tahun kemudian, orang Indonesia sendiri secara resmi dihapuskan bahasa belanda dan mengesahkan Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi negara baru.

Menurut hukum Indonesia, bahasa Indonesia diproklamasikan sebagai bahasa pemersatu selama Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928, dikembangkan lebih lanjut untuk mengakomodasi dinamika peradaban Indonesia. Sejak konsepsinya pada tahun 1928 dan pengakuan resmi di UUD 1945, bahasa Indonesia telah dimuat dengan agenda politik nasionalis untuk menyatukan Indonesia (mantan Hindia Belanda). Status ini telah membuat bahasa Indonesia relatif terbuka untuk mengakomodasi pengaruh dari bahasa etnis lain di Indonesia, terutama Jawa sebagai kelompok etnis mayoritas di Indonesia, dan Belanda sebagai penjajah sebelumnya. Akibatnya, bahasa Indonesia memiliki sumber yang lebih luas dari kata-kata pinjaman, dibandingkan bahasa aslinya bahasa Melayu. Jadi dapat dikatakan bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa buatan yang dibuat resmi pada tahun 1928. Dengan itu berarti bahwa bahasa Indonesia dirancang oleh akademisi untuk berkembang secara alami dan memiliki kapasitas yang luar biasa untuk menyerap kosa kata asing.

Evolusi bahasa melayu yang berbeda dari Malaysia dan Indonesia telah menyebabkan keretakan antara dua standar. Namun ini lebih didasarkan pada nuansa politik dan sejarah standardisasi dan bukan alasan budaya, dan sebagai hasilnya ada pandangan asimetris mengenai standar masing-masing di antara Malaysia dan Indonesia. Di Malaysia, bahasa melayu disebut bahasa Malaysia; dan di Indonesia, bahasa melayu disebut bahasa Indonesia. Tapi Malaysia cenderung menegaskan bahwa Malaysia dan Indonesia hanyalah varian dari bahasa yang sama, sementara Indonesia cenderung memperlakukan bahasa malaysia dan bahasa indonesia sebagai bahasa yang terpisah, meskipun terkait. Hingga orang Indonesia merasa sedikit kebutuhan untuk menyelaraskan bahasa mereka dengan Malaysia dan Brunei, sedangkan Malaysia lebih tajam untuk mengkoordinasikan evolusi bahasa dengan Indonesia. Meskipun 1.972 reformasi alfabet Indonesia yang berdasarkan alfabet belanda sebagian besar barasal dari ejaan bahasa Inggris berbasis Malaysia. 

Hingga kini Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia, sehingga penggunaannya dianjurkan di seluruh Indonesia. Konstitusi Indonesia 1945 Bab XV menentukan bendera, bahasa resmi, lambang, dan lagu kebangsaan Indonesia. Undang-undang Nomor 24 tahun 2009 Indonesia Bab III Pasal 25 sampai 45 secara khusus menyebutkan status bahasa Indonesia. fungsi Indonesia sebagai simbol identitas nasional dan kebanggaan, dan merupakan bahasa pemersatu di antara kelompok etnis Indonesia yang beragam. Hal ini juga berfungsi sebagai wahana komunikasi antara provinsi di Indonesia dan budaya yang berbeda di Indonesia. Bahasa ini digunakan sebagai bahasa resmi nasional, bahasa pendidikan, komunikasi, transaksi dan dokumentasi perdagangan, pengembangan kebudayaan nasional, ilmu pengetahuan, teknologi, dan media massa di Indonesia.


Demikianlah Artikel Sejarah awal mula Bahasa Indonesia, [ Sejarah ]

Sekianlah artikel Sejarah awal mula Bahasa Indonesia, [ Sejarah ] kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Sejarah awal mula Bahasa Indonesia, [ Sejarah ] dengan alamat link https://pengamatsejarah.blogspot.com/2016/01/sejarah-awal-mula-bahasa-indonesia.html

0 Response to "Sejarah awal mula Bahasa Indonesia, [ Sejarah ] "

Posting Komentar