Khairudin Barbarossa Laksamana tangguh dari Ottoman, [ Sejarah ]

Khairudin Barbarossa Laksamana tangguh dari Ottoman, [ Sejarah ] - Hallo sobat blogger Sejarah, Posting yang saya unggah pada kali ini berisi tentang Sejarah, dengan judul Khairudin Barbarossa Laksamana tangguh dari Ottoman, [ Sejarah ] , Artikel ini bertujuan untuk memudahkan kalian mencari apa yang kalian inginkan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk kalian baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Sejarah Dunia, Artikel Sejarah Islam, yang kami tulis ini dapat kalian pahami dengan baik, semoga artikel ini berguna untuk kalian, jika ada kesalahan penulisan yang dilakukan oleh penulis mohon dimaafkan karena penulis masih newbie. baiklah, selamat membaca.

Judul : Khairudin Barbarossa Laksamana tangguh dari Ottoman, [ Sejarah ]
link : Khairudin Barbarossa Laksamana tangguh dari Ottoman, [ Sejarah ]

Baca juga


Khairudin Barbarossa Laksamana tangguh dari Ottoman, [ Sejarah ]


Jika mendengar nama khairudin Barbarossa berkemungkinan kebanyakan dari kita akan teringat pada hector barbossa rival sekaligus teman jack sparrow di film pirates of carribean, dan ini bukan sebuah kebetulan, merujuk dari wikipedia Hollywood mengakui bahwa mereka mengadaptasi barbossa dari tokoh nyata yaitu khairudin Barbarossa seorang laksamana tangguh asal turki, dan tulisan saya kali ini menjelaskan seperti apa barbarosa hingga Hollywood yang biasanya alergi dengan tokoh islam mau mengangkat karakter barbossa dalam salah satu film box office mereka.
Khairudin Barbarossa pasha terlahir dengan nama khidr dalam sebutan Indonesia berarti khaidir, ia terlahir sekitar tahun 1478 dengan tanggal lahir yang tidak begitu jelas di pulau Midilli desa palaiokipos yunani yang saat itu masuk wilayah kekaisaran ottoman, ayahnya Yakup aga adalah mantan prajurit sipahi dan ibunya katerina adalah muallaf ,janda dari seorang pendeta orthodox, bisa dibilang khairudin tidak berdarah turki seratus persen tapi memiliki darah yunani .dari ibunya.
Awalnya ia dan saudaranya aruj ishak dan ilyas hanya pelaut yang berdagang membantu ayahnya yang saat itu pensiun dari sipahi, mereka berlayar antara yunani dan turki, sampai kemudian mereka diserang oleh knight of Rhodes yang mengakibatkan adik mereka ilyas terbunuh, hal ini membuat aruj ishak dan khairudin melakukan aksi balas dendam dengan membajak setiap armada milliter Kristen yang lewat di perairan yunani turki, aksi ini membuat eropa gembar hingga menjuluki mereka Barbarossa Brothers atau bersaudara berjanggut merah karena aruj dan kahirudin berjanggut berwarna merah, dan memberikan label negative kepada mereka dengan sebutan bajak laut.
Namun niat balas dendam mereka berubah saat Andalusia jatuh ketangan spanyol aruj dan khairudin memutuskan untuk menyerbu adalusia dan menyelamatkan para pengungsi disana, dan membawa mereka ke Tunisia, maroko dan aljazair, mungkin karena berlabel bajak laut tak semua pemimpin muslim mendukung aksi kakak beradik ini, sultan salim at toumy dari aljazair malah mengusir mereka, bahkan Abu Zayan amir dari tilmisan membantu spanyol menghadapi mereka, aruj yang saat itu memutuskan bertempur atas nama kekaisaran ottoman berhasil menaklukkan tilmisan dan menyerahkan aljazair kepada ottoman, namun pada May 1518, pewaris dinasti tilmisan sheikh buhammud meminta pertolongan kepada kaisar Charles V untuk merebut kembali tilmisan, pada pertempuran mempertahankan tilmisan aruj dan pasukannya kalah dan aruj dan ishak sendiri pun gugur setelah bertempur selama 20 hari.
Disni lah peran besar Khairudin bagi ottoman dimulai, spanyol yang mengusai tilmisan kemudian menyerang aljazair namun berhasil ia pukul mundur, berkat ia pula aljazair Tunisia dan tilmisan dialihkan kekuasaannya dibawah daulat turki utsmani. Hal ini yag kemudian sultan salim I mengangkatnya menjadi beylerbey atau wakil turki di aljazair, dan memimpin janissary.

Patung Barbossa di aljazair
Setelah resmi bergabung dengan ottoman hingga memiliki armada yang lebih kuat, pada desember 1518 ia kembali menyerbu tilmisan dan berhasil merebut kembali kota tersebut, sejak itu berbagai prestasi gemilang berhasil ia catatkan dalam sejarah emas ottoman dimulai dengan mengalahkan aliansi spanyol italia pada 1519 yang berusaha kembali ke aljazair, kemahiranya dalam perang laut mebuat aliansi spanyol italia tak berkutik kapal-kapal merekka pun dibuatnya tenggelam kedasar laut, pada tahun yang sama ia merebut kepulauan bealric, membantu orang prancis utara yang saat itu adalah aliansi ottoman mengalahkan italia, dan pada 1522 menyerbu malta hingga pada 1 januari 1523 membuat knignt of rodes angkat kaki dari pulau itu, pada February 1538, paus Paul III berhasil membantuk liga suci (yang berisikan kerajaan spanyol, kekaisaran roma, republic Venice and the dan knight rodes) untuk menghadapi ottoman namun barbarosa kembali membuat aliansi ini tak berkutik pada pertempuran Preveza September 1538. Kemenangan atas liga suci ini mengukuhkan dominasi ottoman di laut mediterania hingga 33 tahun lamanya.


lukisan Battle of preveza
Menurut saya hal inilah yang membuat sultan sulaiman dengan mudah meraih kejayaanya saat ia kemudian naik tahta, penguasaan barbarosa dilaut membuat sulaiman dengan enteng menaklukkan daratan walaupun kemudian ia tak berhasil menyerbu Austria, namun penguasaan ottoman atas darat dan laut antara dua benua ini benar-benar membuat eropa pusing tujuh keliling. Sultan sulaiman sendiri kemudian menaikkan pangkat barbarosa menjadi Kapudan-i Derya atau laksamana laut ottoman dan menjadi Beylerbey atau duta ottoman di afrika utara. Barbarossa juga diserahi tugas mengatur kepulauan malta yang direbutnya dari knight of rhodes.


Menurut Wikipedia saking terdesaknya eropa di laut mediterania kaisar Charles V dari spanyol pernah membujuknya menjadi laksamana laut spanyol namun tawaran ini di tolaknya, keyakinannya sebagai muslim dan dendam nya atas kematian saudaranya bercampur menjadi satu mebuat kesetiannyanya dengan ottoman tak tergoyahkan.


Makam Barbarossa di istanbul
Setelah perjalanannya yang panjang membela islam dan kampung halamannya, pada tahun 1545 ia kembali ke Istanbul untuk pensiun dari jabatan sebagai laksamana dan menyerahkan aljazair pada putranya hasan pasha, ia juga membuat buku yang mencatat perjalanannya sebagai laksamana yang berjudul Gazavat-i Hayreddin Pasa yang ditulis oleh Muradi Sinan Reis yang saat ini di simpan di istana topkapi dan Istanbul university, ia meninggal setahun kemudian dan dikuburkan di turbe mausoleum, setelahnya ottoman tak memiliki laksamana yang mampu melebihi atau pun menyamainya.


Mungkin kegemilangannya sebagai laksamana laut yang bisa dibilang tiada banding ini lah yang membuat Hollywood kemudian tertarik mengangkat karakternya kedalam budaya popular saat ini yatu karakter Hector Barbosa dalam film pirates of carribean, dan saya pribadi memilih untuk berbaik sangka pada Disney atas karakter Barbossa ini., karena tidak seperti mehmed pada dracula untold yang digambarkan sangat buruk,

barbossa pada pirates of caribean adalah salah satu pahlawan para pelaut yang selalu ditindas oleh british east company yang merajalela di laut karibia, walaupun banyak yang bilang itu adalah pengaburan sejarah islam, mungkin iya mungkin tidak. atau mungkin juga itu adalah bentuk kekaguman barat pada tokoh dan kemajuan dunia islam dimasa lalu.




sumber : Wikipedia


Demikianlah Artikel Khairudin Barbarossa Laksamana tangguh dari Ottoman, [ Sejarah ]

Sekianlah artikel Khairudin Barbarossa Laksamana tangguh dari Ottoman, [ Sejarah ] kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Khairudin Barbarossa Laksamana tangguh dari Ottoman, [ Sejarah ] dengan alamat link https://pengamatsejarah.blogspot.com/2015/09/khairudin-barbarossa-laksamana-tangguh.html

2 Responses to "Khairudin Barbarossa Laksamana tangguh dari Ottoman, [ Sejarah ] "

  1. Go and Watch the Turkish Drama Series of Engin Altan's "Barbarosslar" in Urdu only on our youtube channel "My Kids Tube".
    Please subscribe and Stay Tuned!


    https://www.youtube.com/watch?v=W1dzAPWbO7Q

    BalasHapus

  2. Comment: Watch the latest episode of the most popular Turkish Series "Kurulus Osman" in Urdu.


    https://www.youtube.com/watch?v=byGJN5eHWH4

    BalasHapus