Judul : Sd.Kfz. 251, [ Sejarah ]
link : Sd.Kfz. 251, [ Sejarah ]
Sd.Kfz. 251, [ Sejarah ]
Sd.Kfz. 251
The Sd.Kfz. 251 ( Sonderkraftfahrzeug 251) setengah-track adalah kendaraan tempur lapis baja yang dirancang dan pertama kali dibangun oleh Hanomag perusahaan selama Perang Dunia II , dan berdasarkan mereka sebelumnya, unarmored Sd.Kfz. 11 kendaraan.Semakin besar dari pasangan (yang Sd.Kfz 250. menjadi salah satu pemantik) yang sepenuhnya lapis baja perang setengah trek dariWehrmacht, yang Sd.Kfz. 251 dirancang untuk mengangkut panzergrenadiers dari Jerman mekanik infanteri korps ke dalam pertempuran.Sd.Kfz. 251s adalah yang paling banyak diproduksi Jerman setengah trek perang, dengan lebih dari 15.252 kendaraan dan varian diproduksi oleh berbagai produsen, dan sering disebut hanya sebagai " Hanomags "oleh tentara Jerman dan Sekutu.
Desain
Ada empat modifikasi model yang utama (Ausf�hrung A sampai D), yang membentuk dasar untuk setidaknya 22 varian. [1] Ide awal adalah untuk kendaraan yang dapat digunakan untuk mengangkut satu regu dari panzergrenadiers ke medan perang dilindungi dari musuhsenjata kecil api, dan dengan beberapa perlindungan dari tembakan artileri. Selain itu, standar pemasangan setidaknya satu MG 34 atauMG 42 senapan mesin memungkinkan kendaraan untuk memberikan dukungan api untuk regu infanteri setelah mereka telah turun dalam pertempuran.
Aspek positif dari atas terbuka termasuk kesadaran situasional dan jalan keluar cepat dengan infanteri, serta kemampuan untuk melemparkan granat dan api dari atas kompartemen pertempuran yang diperlukan, namun tetap di bawah horisontal yang baik penutup .Kelemahan dari atas terbuka adalah kerentanan besar untuk semua jenis terjun api , ini termasuk api tidak langsung dari mortir dan artileri medan , serta depresi-lintasan senjata api kecil dari posisi ditinggikan lebih tinggi, melemparkan granat tangan , bahkan bom molotov, danpemberondongan oleh pesawat musuh.
Dua model yang diproduksi dalam jumlah kecil dari 1939. A dan model B dapat diidentifikasi dengan struktur baja hidung, yang terdiri dari dua trapesium - lebih rendah dari yang telah menetas pendinginan. Model B, yang mulai berproduksi pada tahun 1940, dieliminasi sisi celah visi kompartemen pertempuran itu. Model C, yang mulai berproduksi pada pertengahan 1940-an, menampilkan heksagonal berbentuk pelat lapis baja maju disederhanakan untuk mesin. Model A sampai C memiliki pintu belakang yang menonjol keluar. Model C memiliki menjalankan produksi besar, tapi cukup rumit untuk membangun, melibatkan banyak piring miring yang memberi perlindungan yang wajar dari tembakan senjata kecil. Dari awal tahun 1943, model D dikembangkan dengan tujuan mengurangi separuh jumlah pelat tubuh menyudut, menyederhanakan desain dan sehingga mempercepat produksi. Model D dapat dengan mudah dikenali oleh satu bagian miring belakang mereka (dengan pintu datar).
Standar personil versi pembawa dilengkapi dengan 7,92 mm MG 34 atau MG 42 senapan mesin yang dipasang di depan kompartemen terbuka, di atas dan di belakang sopir. Sebuah senapan mesin kedua bisa dipasang di bagian belakang pada gunung anti-pesawat.
Varian diproduksi untuk tujuan khusus, termasuk dengan anti-pesawat senapan, howitzer ringan, senjata anti-tank dan mortir atau bahkan besar terarah roket artileri , serta versi dengan inframerah cahaya pencarian digunakan untuk tempat target potensial untuk terkait Panthertank dilengkapi dengan detektor inframerah.
Fitur desain lain yang berpotensi baik dari Sd.Kfz.251 adalah luas track, dengan karakteristik "slack lagu" desain tanpa rol kembali untuk jangka atas trek, dan tumpang tindih dan roda jalan utama disisipkan umum untuk hampir semua halftracks Jerman periode. Ini menurunkan tekanan tanah dan memberikan traksi yang lebih baik, memberikan Sd.Kfz.251 kinerja lintas negara yang lebih baik daripada kendaraan setengah dilacak sebagian besar negara lain.Namun, roda jalan utama interleaved dan tumpang tindih berbagi masalah besar dengan Tiger I dan Panther tank tempur utama yang juga digunakan konfigurasi roadwheel tersebut - dalam kondisi cuaca berlumpur atau musim dingin, seperti yang selama rasputitsa musim lumpur atau terdingin musim dingin Rusia kondisi , akumulasi lumpur dan salju bisa membekukan solid antara roda jalan, melumpuhkan kendaraan.
Gunakan
Model produksi awal kendaraan ini dikeluarkan ke Divisi Panzer 1 pada tahun 1939.
Kendaraan ini dimaksudkan untuk memungkinkan panzergrenadiers untuk menemani panser dan memberikan dukungan infanteri yang diperlukan. Dalam prakteknya, tidak pernah ada cukup dari mereka untuk pergi berkeliling, dan sebagian besar unit Panzergrenadier harus membuat hubungannya dengan truk untuk transportasi.
Varian
Ada 23 varian resmi, dan varian resmi galanya. Setiap varian diidentifikasi dengan akhiran pada nomor model, namun, ada beberapa tumpang tindih dalam jumlah varian.
- Sd.Kfz. 251/1 - Sch�tzenpanzerwagen. Standar pengangkut personel.
- 251/1 I - Seperti di atas, tapi dengan fasilitas interkom
- 251/1 II - Rocket launcher (disebut "Stuka zu Fu�" (Walking Stuka ) atau Wurfrahmen 40 ) dilengkapi dengan enam sisi mount frame untuk meluncurkan 280 mm atau 320 mm roket Wurfkoerper .
- Sd.Kfz. 251/1 - Falke peralatan deteksi inframerah, untuk digunakan dalam kombinasi dengan Sd.Kfz. / 20 251 Uhu. Sebagian Ausf. D varian.
- Sd.Kfz. 251/2 - Sch�tzenpanzerwagen (Granatwerfer). 81 mm mortir operator. Mengusung 66 putaran untuk GrW34 tersebut. Sebuah pelat dasar juga disimpan sehingga mortir dapat diturunkan dan digunakan.
- Sd.Kfz. 251/3 - Mittlere Kommandopanzerwagen (Funkpanzerwagen). Kendaraan komunikasi, dilengkapi dengan peralatan radio ekstra untuk menggunakan perintah di Ausf. C dan Ausf. Versi D. [2]
- 251/3 I - FuG8 dan FuG5 Radio
- 251/3 II - FuG8 dan FuG5 Radio
- 251/3 III - FuG7 dan FuG1 Radio
- 251/3 IV - FuG11 dan FuG12 Radio (dengan 9 m teleskopik tiang); Command varian kendaraan (Kommandowagen)
- 251/3 V - FuG11 Radio
- Sd.Kfz. 251/4 - Sch�tzenpanzerwagen f�r Munition und Zubeh�r des leIG18. Gun-towing traktor, awalnya untuk digunakan dengan 7,5 cm leichtes Infanteriegesch�tz 18 . Kemudian digunakan untuk menderek 50 mm Pak 38 , 75 mm Pak 40 dan 10,5 cm leFH 18 Cahaya Lapangan Howitzer.
- Sd.Kfz. 251/5 - Sch�tzenpanzerwagen f�r Pionierzug. Assault Insinyur kendaraan dengan perahu karet yang disimpan dalam loker penyimpanan sisi, dan cahaya jembatan serangan dismantleable disimpan dalam melalui hilangnya kursi untuk ruang penyimpanan.Kendaraan perintah Dini peleton Pioneer (Pionierzug) yang dilengkapi dengan 37 mm Pak 36 gunung senjata anti-tank.
- Sd.Kfz. 251/6 - Mittlere Funkpanzerwagen (Kommandopanzerwagen). Versi command dilengkapi dengan papan peta, cipher dan mesin encoding dalam versi Ausf. A dan Ausf. B.
- Sd.Kfz. 251/7 I - Pionierpanzerwagen. Lain insinyur penyerangan kendaraan dengan peralatan untuk membawa jembatan serangan landai di sisi.
- 251/7 II - Seperti di atas tetapi dengan radio yang berbeda.
- Sd.Kfz. 251/8 I - Krankenpanzerwagen. Ambulans lapis baja yang mampu membawa hingga 8 korban duduk atau 4 korban duduk dan 2 kasus stetcher.
- 251/8 II - Seperti di atas tetapi dilengkapi dengan FuG5 radio dan 2m batang antena. Ditugaskan ke HQ dan Panzer unit.
- Sd.Kfz. 251/9 - Sch�tzenpanzerwagen (7,5 cm KwK37). Dilengkapi dengan 75 mm L/24 pistol kecepatan rendah, menggunakan alas gunung pistol yang sama digunakan pada stug III . Dijuluki "Stummel" ("tunggul"). Pada tahun 1944, mount senjata modular direvisi diperkenalkan untuk memfasilitasi produksi yang juga tergabung koaksial MG42 . Ini gun mount juga digunakan untuk menciptakan Sd.Kfz. 250/8 varian.
- Sd.Kfz. 251/10 - Sch�tzenpanzerwagen (3,7 cm PAK). Dilengkapi dengan 37 mm Pak 36 gunung senjata anti-tank. Dikeluarkan untuk pemimpin peleton sebagai kendaraan dukungan api.
- Sd.Kfz. 251/11 - Fernsprechpanzerwagen. Lapisan saluran telepon.
- Sd.Kfz. 251/12 - Messtrupp und Ger�tpanzerwagen. Survey dan pembawa instrumen untuk unit artileri.
- Sd.Kfz. 251/13 - Schallaufnahmepanzerwagen. Suara rekaman pembawa untuk unit artileri.
- Sd.Kfz. 251/14 - Schallaufnahmepanzerwagen. Suara rekaman pembawa untuk unit artileri.
- Sd.Kfz. 15/251 - Lichtauswertepanzerwagen. Flash bercak operator untuk unit artileri.
- Sd.Kfz. 251/16 - Flammpanzerwagen. Dilengkapi dengan dua proyektor api dan awalnya dipasang belakang penyembur api , dilepas tapi masih terhubung ke kendaraan, yang akan dioperasikan oleh infanteri turun. Hal ini selain ke mesin maju mount pistol standar. Enam Sd.Kfz. 251/16 Flammpanzerwagens telah disetujui untuk diterbitkan masing-masingPanzergrenadier resimen.
- Sd.Kfz. 251/17 - Sch�tzenpanzerwagen (2 cm). Kendaraan anti-pesawat dipersenjatai dengan 2 cm KwK38 pada alas pemasangan dengan kubah lapis baja kecil untuk melindungi penembak.Perang akhir, itu dikeluarkan sebagai kendaraan komandan peleton untuk mengganti Sd.Kfz tersebut. 251/10.
- Sd.Kfz. 251/18 I - Beobachtungspanzerwagen. Kendaraan artileri.
- 251/18 Ia - Perbedaan tidak diketahui, kemungkinan fit radio yang berbeda.
- 251/18 II - kendaraan observasi Lapis Baja.
- 251/18 IIa - radio yang berbeda.
- Sd.Kfz. 251/19 - Fernsprechbetriebspanzerwagen. Kendaraan sentral telepon.
- Sd.Kfz. / 20 251 - Sch�tzenpanzerwagen (Infrarotscheinwerfer) Diperkenalkan pada akhir 1944, itu dipasang 60 cm sorot inframerah dengan jangkauan 1,5 km untuk target menerangi di malam hari. Dikenal sebagai "Uhu" (burung hantu elang), mereka dipandu IR tank Panther pandangan dilengkapi dengan target yang berada di luar jangkauan sendiri sorot kecil inframerah mereka.
- Sd.Kfz. 251/21 - Sch�tzenpanzerwagen (Drilling MG151s). Varian anti-pesawat yang dilengkapi dengan triple-mount ("Pengeboran" dalam bahasa Jerman berarti "tiga") dari MG151 meriam, versi awal menjadi MG151/15 mm meriam, kemudian menjadi MG151/20 mm Luftwaffe meriam.
- Sd.Kfz. 251/22 - 7,5 cm PaK40 L/46 auf Mittlerer Sch�tzenpanzerwagen. Dilengkapi dengan 75 mm Pak 40 anti-tank gun.
- Sd.Kfz. 251/23 - 2 cm H�ngelafette 38 auf Mittlerer Sch�tzenpanzerwagen. Varian pengintai dimaksudkan untuk menggantikan Sd.Kfz. 250/9 dan dilengkapi dengan menara yang sama pemasangan sebagai Sd.Kfz. 234/1 mobil lapis baja.
- OT-810 - Cekoslowakia diproduksi versi, yang dibuat oleh Praga dan Tatra . Versi ini memiliki udara didinginkan mesin diesel, dan atap lapis baja atas kompartemen pasukan. Kendaraan itu tidak disukai oleh orang-orang yang menggunakannya dan dijuluki "Hitler balas dendam".
- Bidang varian dimodifikasi - Berbagai bidang varian modifikasi juga ada selama Perang Dunia II. Salah satu varian menarik dibuat pada tahap penutupan perang, ketika pasukan Jerman dihapus tubuh lapis baja dari Sd.Kfz rusak. 251s dan diinstal mereka pada chassis truk ringan, menghasilkan varian beroda dari Sd.Kfz. 251. Setidaknya 2 dibuat dengan cara ini menilai pelat nomor mereka.
Rincian SD-KFZ 251:
Jenis | Setengah-track lapis baja pengangkut personel |
---|---|
Tempat asal | Nazi Jerman |
Sejarah pelayanan | |
Dalam pelayanan | 1939 - 1945 |
Digunakan oleh | Nazi Jerman Kerajaan Rumania Hongaria |
Wars | Perang Dunia II |
Spesifikasi | |
Berat | 7.81 ton (8,61 ton singkat ) |
Panjangnya | 5.80 m (19 kaki) |
Lebar | 2.10 m (6 ft 10 in) |
Tinggi | 1.75 m (5 ft 9 in) |
Awak kapal | 2 + 10 penumpang |
Baja | 6-14,5 mm (0,24-0,57 in) |
Utama persenjataan | MG 34 atau 42 MG |
Sekunder persenjataan | MG 34 atau 42 MG |
Mesin | satu Maybach HL 42 mesin bensin 6-silinder 100 PS (99 hp, 74 kW) |
Daya / berat | 12,8 hp / ton |
Penangguhan | Kendaraan half-track |
Operasional jarak | 300 km (186 mil) |
Mempercepat | 52,5 km / jam (32,5 mph) |
Foto:
Sd.Kfz. 251/1 media lapis baja dengan Wurfrahmen
Sd.Kfz. 251/3 media radio mobil lapis baja
Sd.Kfz. Pionierpanzerwagen 251/7 media
Sd.Kfz. 251/9 media meriam mobil lapis baja
Demikianlah Artikel Sd.Kfz. 251, [ Sejarah ]
Sekianlah artikel Sd.Kfz. 251, [ Sejarah ] kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Sd.Kfz. 251, [ Sejarah ] dengan alamat link https://pengamatsejarah.blogspot.com/2013/05/sdkfz-251-sejarah.html
0 Response to "Sd.Kfz. 251, [ Sejarah ] "
Posting Komentar