Ciri-Ciri Makhluk Hidup, [ Sejarah ]

Ciri-Ciri Makhluk Hidup, [ Sejarah ] - Hallo sobat blogger Sejarah, Posting yang saya unggah pada kali ini berisi tentang Sejarah, dengan judul Ciri-Ciri Makhluk Hidup, [ Sejarah ] , Artikel ini bertujuan untuk memudahkan kalian mencari apa yang kalian inginkan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk kalian baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Biologi, yang kami tulis ini dapat kalian pahami dengan baik, semoga artikel ini berguna untuk kalian, jika ada kesalahan penulisan yang dilakukan oleh penulis mohon dimaafkan karena penulis masih newbie. baiklah, selamat membaca.

Judul : Ciri-Ciri Makhluk Hidup, [ Sejarah ]
link : Ciri-Ciri Makhluk Hidup, [ Sejarah ]

Baca juga


Ciri-Ciri Makhluk Hidup, [ Sejarah ]

Makhluk hidup memiliki ciri-ciri dapat bernapas, membutuhkan makanan, bergerak, menerima dan menanggapi rangsang, mengeluarkan zat sisa, tumbuh dan berkembang biak.

Bernapas
Bernapas adalah proses mengambil oksigen dari lingkungan dan mengeluarkan gas karbon dioksida dari dalam tubuh. Dalam tubuh organisme, makanan bereaksi secara kimiawi dengan oksigen dan menghasilkan energi, uap air, dan karbondioksida. Proses ini disebut respirasi. Proses respirasi dapat dirumuskan sebagai berikut.


Berikut ini perbedaan proses respirasi pada hewan tumbuhan dan manusia.




Membutuhkan Makanan
Makanan merupakan bahan kimia yang termasuk dalam kelompok zat organik. Makanan berfungsi untuk menghasilkan energi, mengganti sel-sel tubuh yang rusak, bertumbuh dan mengatur proses di dalam tubuh. Tumbuhan memiliki klorofil sehinga mampu membuat makanan sendiri di dalam tubuhnya melalui proses fotosintetis. Manusia dan hewan tidak dapat membuat makanan sendiri di dalam tubuhnya dan harus mengambil zat organik di dalam tubuh tumbuhan atau hewan lain.

Bergerak
Gerak merupakan perpindahan bagian tubuh. Gerak pada hewan dan manusia misalnya melompat, berlari, membungkuk, menoleh, merentangkan tangan mengepakkan sayap dan berenang. Gerak pada tumbuhan tidak terlihat seperti gerak pada hewan dan manusia. Pada umumnya gerak pada tumbuhan tidak menyebabkan perpindahan tempat. Contohnya, daun putri malu yang menutup jika disentuh.

Menerima dan Menanggapi Rangsangan
Kemampuan organisme untuk menerima dan menanggapi rangsangan ini disebut iritabilitas. Manusia dan binatang menanggapi rangsangan dengan menggunakan alat indra. Tumbuhan tidak memiliki alat indra tetapi memiliki kepekaan terhadap rangsangan tertentu, seperti peka terhadap rangsangan cahaya, air dan sentuhan.

Mengeluarkan Zat Sisa
Proses pengeluaran zat sisa dari dalam sel-sel tubuh disebut eksresi. Pada hewan dan manusia, yang dimaksud zat-zat sisa misalnya, karbondioksida (sisa respirasi yang dikeluarkan melalui alat pernapasan), garam (dikeluarkan melalui keringat dan urine). Zat sisa pada tumbuhan biasanya akan disimpan pada daun-daun tua dan akan dibuang oleh tumbuhan dengan cara menggugurkan daunnya.

Tumbuh
Pertumbuhan adalah perubahan fisik makhluk hidup dari kecil menjadi besar karena bertambahnya jumlah dan volume sel. Pertumbuhan terjadi pada semua makhluk hidup. Proses pertumbuhan terjadi pada proses irreversible (tak dapat dibalik). Semua makhluk hidup mengalami pertumbuhan sampai dengan ukuran tertentu

Berkembang Biak
Berkembang biak adalah cara makhluk hidup untuk menghasilkan keturunan sejenis dengan induknya dan bertujuan untuk melestarikan jenis makhluk hidup agar tidak punah. Perkembang biakan makhluk hidup dilakukan secara generatif (melalui proses perkawinan) atau secara vegetatif (tidak kawin). Keturunan dari perkembang biakan secara kawin tidak identik dengan induknya, melainkan mewarisi sifat-sifat dan ciri-ciri gabungan dari kedua induknya. Sebaliknya, keturunan secara vegetatif memiliki sifat yang identik dengan induknya.















Demikianlah Artikel Ciri-Ciri Makhluk Hidup, [ Sejarah ]

Sekianlah artikel Ciri-Ciri Makhluk Hidup, [ Sejarah ] kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Ciri-Ciri Makhluk Hidup, [ Sejarah ] dengan alamat link http://pengamatsejarah.blogspot.com/2016/02/ciri-ciri-makhluk-hidup-sejarah.html

0 Response to "Ciri-Ciri Makhluk Hidup, [ Sejarah ] "

Posting Komentar